Tentang Klinik Rumah

Klinik Rumah (KR) adalah lembaga inovatif yang memberikan pelayanan informasi dan bantuan teknis-non teknis yang diberikan secara gratis mengenai seluk beluk pembangunan rumah layak huni-sehat kepada seorang atau sekelompok masyarakat.

Klinik Rumah ini direncanakan menjadi lembaga publik yang akan mendukung kinerja Dinas Perumahan dan Permukiman-Pokja Perumahan dan Permukiman Provinsi jawa Barat dalam menyelenggarakan salah satu Tupoksinya didalam fasilitasi penyelenggaraan perumahan.

TUJUAN

Tujuan dari penyelenggaraan klinik rumah ini adalah:

Untuk membangun jaringan informasi yang terkait dengan pembangunan perumahan.

Meningkatkan kesadaran dan keinginan masyarakat untuk memiliki dan atau menghuni rumah yang layak huni dan sehat.

LAYANAN

  • Pelayanan informasi dan bantuan teknis rumah, rumah negara/bangunan gedung meliputi desain rumah yang layak secara teknis, gambar kerja, rencana anggaran biaya dan informasi tukang.

  • Informasi dan aturan teknis berupa kebijakan dan peraturan bangunan gedung, kebijakan dan peraturan pembangunan perumahan.

  • Informasi lokasi-lokasi perumahan dan developer / pengembang (CSR) yang melaksanakan program rumah bersubsidi.

  • Informasi pembiayaan perumahan, perbankan (CSR).

  • Informasi Penyediaan tanah/lahan dan legalitas tanah meliputi sertifikat tanah dan masalah hak milik atau hak guna tanah.

  • Informasi harga bahan dan upah bangunan berupa informasi penghitungan harga.

    1. Lembaga yang bekerjasama dalam pembiayaan perumahan berupa koperasi, bank, LSM, dan lain-lain.
    2. Fasilitasi pembiayaan-kredit pembangunan/kepemilikan rumah (syarat, besar pinjaman, suku bunga, prosedur akses kredit, dan lain-lain).
    3. Subsidi perumahan (besaran subsidi, syarat-kewajiban, prosedur memperoleh subsidi, lokasi perumahan yang mendapat subsidi, dan lain-lain).
  • Informasi Upah Kerja Tukang .

  • Informasi dan pelayanan teknologi konstruksi bahan bangunan (PUSLITBANGKIM) berupa informasi dan bantuan teknis untuk teknologi dan bahan rumah murah yang layak dan terjangkau, seperti RISHA, Ruspin, RUPA dan lain-lain.

  • Informasi database jasa konstruksi meliputi tenaga ahli dan tenaga terampil.

LOKASI

Kegiatan Klinik Rumah dapat dilaksanakan dengan jadwal rutin setiap minggu, atau bulan atau sewaktu-waktu sesuai kebutuhan. Lokasi pelaksanaan dapat dilakukan pada 2 tempat yakni

  • Kantor pelayanan yang bertempat di Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi/ Kota-Kabupaten

  • Klinik Rumah Keliling:

    1. Rumah Warga yang meminta informasi ke kantor secara Iangsung
    2. Wilayah yang mempunyai isu khusus berhubungan dengan rumah sehat
    3. Tempat umum yang banyak terdapat masyarakat berpenghasilan rendah

Klinik Rumah adalah program yang dapat memberikan informasi don bantuan teknis-non teknis mengenai seluk beluk pembangunan rumah serta meningkatkan kesadaran dan keinginan masyarakat untuk memiliki dan atau menghuni rumah yang layak huni dan sehat.